Blog

Cara tepat mengobati kalazion

Kalazion merupakan pembengkakan yang terjadi pada area mata dan ditandai dengan adanya benjolan kecil di atas bagian dalam kelopak mata . apakah kalian pernah mengalaminya ? bagaimana rasa kalazion atau sama dengan bintitan ? dan bagaimana cara pengobatan kalazion ? dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara tepat mengobati kalazion . kalazion jarang membutuhkan pennaganan medis secara khusus dikarenakan sebagian besar penderita kalazion dapat sembuh tanpa perawatan dalam waktu 2-6 bulan jadi , dilansir dari alodokter ada beberapa langkah tepat untuk membantu penyembuhan kalazion  , antara lain

  1. Kompres air hangat

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh kompresan akan dapat membantu mengurangi rasa mengganjal pada kelopak mata dan melebapkan permukaan benjolan . caranya dengan menggunakan kain flannel atau handuk kecil yang sudah direndam air hangat dan kemudian dikompres dengan lembut kekelopak mata selama 5-10 menit . disarankan melakukan kompres ini dengan rutin sebanyal 3-4 kali sehari .

  1. Pijatan lembut
READ  Perlu Tahu! Inilah Kategori Penyakit yang Ditanggung BPJS

Biasanya ini dilakukan agar cairan yang ada didalam benjolan dapat dikeluarkan tetapi tetap kita harus berhati hati . dengan cara pastikan terlebih dahulu tangan sudah bersih atau belum , sebelum memulai melakukan pemijatan dan lakukan pemijatan lembut pada benjolan setelah dikompres air hangat. Ada alternative lain jika tidak menggunakan tangan bisa dengan menggunkan cotton bud tetapi hati hati jangan sampai cairan keluar dengan keras karena bisa memperparah keadaan kalazion atau menyebabkan peradangan pada benjolan mata tersebut .

  1. Membersihkan kelopak mata

Dengan cara membersihkan kelopak mata sedikitnya 2 kali sehari . hal ini bertujuan untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan pembentukan cairan didalam benjolan

  1. Bisa dengan melakukan penanganan dokter , biasanya dengan operasi kecil kalazion . prosedur operasi kalazion ini dilakukan dengan menggunakan anestesi biasanya anatesi local kemudian pada bagian kelopak mata yang sudah diberi anastesi akan mati rasa dan dokter mulai mengambil tindakan operasi berawal dari membuat sayatan kecil di area permukaan benjolan untuk mengeluarkan cairan . setelah tindangan operasi kecil kalazion selesai dokter akan memberikan resep obat atau tetes mata atau salep mata berisi antibiotik untuk digunakan selama masa penyembuhan setelah dioperasi .
READ  Kapankah Diperlukan Pemeriksaan CT Scan?

 

Adapun dilansir dari hellosehat beberapa cara yang bisa mengobati kalazion dirumah , seperti mengusap secara perlahan pada bagian kelopak mata yang benjo akibat kalazion dengan kain bersih atau kapas ,menjaga agar wajah , kulit kepala , alis dan tangan agar tetapi higenis dan bersih , membatasi penggunaan make up pada mata pada saat sedang terkena kalazion , jangan coba coba atau penasaran memencet atau menekan benjolan kalazion pada mata , memberi tahu dokter jika kalazion tidak menghilang dalam jangka waktu setelah 2 minggu pengobatan , dan beritahu dokter juga jika merasakan kelainan atau gejala tidak pulih ketika telah menggunakan obat tetes mata atau obat minum yang sudah diresepkan dokter . dilansir dari aldokter kalazion ini memang jarang menyebabkan komplikasi , tetapi jika cairannya dalam benjolan yang sudah mengalami infeksi dan menyebar ke sekitar mata atau bagian mata yang sehat . maka keadaan ini akan bisa menyebabkan selulitis orbita . kedaaan ini menyebabkan kelopak mata menjadi memerah dan sangat bengkak hal ini menyebabkan pasien sampai tidak bisa membuka mata , merasakan nyeri hebat dan demam .

READ  Mengenal apa itu kalazion

 

 

 

Sumbergambar : kompasiana.com