Blog

Cara tepat pengobatan kanker endometrium

Kanker endometrium adalah jenis kanker yang meyerang endometrium atau biasa dikenal dengan lapisan Rahim pada bagian dalam. Dalam pengobatannya dokter dapat mencurigai seseorang pasien tersebut menderita gejala kanker endometrium jika terdapat gejala yang juga diperkuat oleh pemeriksaan fisik . untuk lebih memastikannya , perlu dilakukan beberapa tes lanjutan . da nada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk tahap awal mendiagnosis kanker endometrium yaitu .

  1. Pemeriksaan panggul atau pelvis

Dalam pemeriksaan ini , dokter akan memriksa bagian luar vagina , kemudian akan memasukkan dua jari ke dalam vagina . secara bersamaan dokter akan menekan bagian perut pasien dengan tangan lainnya untuk mendeteksi kelainan pada Rahim atau indung telur . dan djuga dokter akan menggunakan alat bantu speculum untuk melihat adanya kelainan pada vagina dan leher Rahim .

  1. USG transvaginal
READ  Kapankah Diperlukan Pemeriksaan CT Scan?

`               dalam pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus bernama transducer dan msuk melalui vagina serta membantu memancarkan gelombang suara berfrekuensi tinggo ke dalam Rahim . alat ini juga menghasilkan rekaman gambar Rahim dan dokter dapat juga melihat tekstur dan ketebalan kanker endometrium.

  1. Biopsi kanker endometrium

Yaitu sebuah prosedur pengambilan sampel jaringan lapisan Rahim untuk menganalisa di laboratorium guna mendeteksi keberadaan sel sel kanker .

  1. Histereskopi

Dalam pemeriksaan ini menggunakan histeroskop yaitu alat yang digunakan khusus dengan kamera kecil dan cahaya yang dimasukkan ke dalam Rahim serta vagina dan berfungsi membantu dokter memungkinkan melihat endometrium dalam kondisi Rahim.

  1. Dilatasi dan kuretase

Yaitu sebuah prosedur pengikisan atau pengerekoan jaringan yang baisanya terdapat dalam Rahim menggunakan alat khusus . procedur ini dilakukan  dengan sampel yang diambil melalui biopsy endometrium tidak cukup untuk mendeteksi sel kanker atau dokter masih meragukan hasil analisa .

READ  Mengenal apa itu kalazion

 

Setelah melalui keempat pemeriksaan slanjutnya kaan dilakukan pemeriksaan untuk menentukan stasium kanker . dilansir dari alodokter ada 3 tahap : PET scan , CT scan dan MRI . selain itu dokter juga akan emlakukan pemeriksaan sistoskopi atau kolonoskopi untuk mendeteksi sel kanker yang telah menyebar ke kandung kemih atau saluran pencernaan . Setelah mengetahui dan melewati kempat pemeriksaan awal tadi dan ketiga pemerikaan agar dapat mengetahuo ukuran tingkat keganansan dan penyebaran kanker anus maka akan ditemukan macam macam tingkatan kanker yaitu stadium I , stadium II , stadium III , dan stadium IV. Itulah macam macam tingkat keparahan kanker.

Langkah pengobatan kanker endometrium pada umumnya akn ditentukan berdasarkan faktor yaitu stadium atau tingkat penyebaran sel kanker didalam Rahim , kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan , tipe kanker endometrium , ukuran tumornya dan lokasi kanker endometrium . ada beberapa jenis pengobatan kanker endometrium , diantaranya :

  • Operasi
READ  Perlu Tahu! Inilah Kategori Penyakit yang Ditanggung BPJS

Salah satu tindakan pengobatan yang efektif dalam menangani kanker endometrium . tindakan operasi ini akan dialkukan bila kanker masih berada pada tahap awal sehingga ada 2 jenis operasi yang dapat dilakukan histerektomi dan salpingo oophorectomy .

  • Kemoterapi

Pengobatan dengan obat obat yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya seperti obat cisplatin , carboplatin , doxorubicin dan pasclitaxel .

  • Terapi radiasi

Metode pengobatan kanker dengan menggunakan pancaran energy tinggi yang digunakan untuk menhancurkan sel kanker tersebut .

 

Sumbergambar : doktersehat.com