Blog

Penyebab umum kanker endometrium

Kanker endometrium adalah jenis kanker yang meyerang endometrium atau biasa dikenal dengan lapisan Rahim pada bagian dalam . kanker ini pada umumnya terjadi pada wanita yang telah memasuki usia menopause atau 60-70 tahun . ada dua tipe dalam kanker endometrium ini , yaitu :

  • Kanker endometrium tipe 1

Pada tipe kanker ini endometrium yang paling umum sering terjadi dan perkembangan sel kanker pada tipe ini terjadi perlahan atau non agresif dan dapat terdeteksi sejak dini .

  • Kanker endometrium tipe 2

Pada tipe kanker ini endometrium yang sifatnya lebih agresif sehingga perkembangan dan penyebaran pada sel kanker terjadi lebih cepat .

Penyebab kanker endometrium memang belum diketahui secra pasti namun ketidakseimbangan hormone progesterone dan estrogen dalam tubuh wanita malah menjadi salah satu penyebab kanker endometrium. Kadar hormone progesterone yang lebih rendah dibandingkan hormone estrogen dapat menyebabkan terjadinya penebalan lapisan Rahim dan jika penebalan terus terjadi , sel kanker akan tumbuh seiring berjalannya waktu . ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker endometrium pada wanita , misalnya saja belum pernah hamil , menjalani terapi hormone tamoxifen untuk penderita kanker payudara , menderita sindrom hereditary nonpolyposis colorectal cancer atau HNPCC,telah memasuki masa menopause ,dan  memasuki masa menstruasi di usia yang terlalu dini kurang dari 12 tahun atau memasuki masa menopause lebih lambat dibandingkan wanita pada umumnya itu lebih dari 50 tahun . Langkah pengobatan kanker endometrium pada umumnya akn ditentukan berdasarkan faktor yaitu stadium atau tingkat penyebaran sel kanker didalam Rahim , kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan , tipe kanker endometrium , ukuran tumornya dan lokasi kanker endometrium . ada beberapa jenis pengobatan kanker endometrium , diantaranya : Operasi , Salah satu tindakan pengobatan yang efektif dalam menangani kanker endometrium . tindakan operasi ini akan dialkukan bila kanker masih berada pada tahap awal sehingga ada 2 jenis operasi yang dapat dilakukan histerektomi dan salpingo oophorectomy .Kemoterapi, Pengobatan dengan obat obat yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya seperti obat cisplatin , carboplatin , doxorubicin dan pasclitaxel . Terapi radiasi , Metode pengobatan kanker dengan menggunakan pancaran energy tinggi yang digunakan untuk menhancurkan sel kanker tersebut . dilansir dari alodokter ada 3 tahap : PET scan , CT scan dan MRI . selain itu dokter juga akan emlakukan pemeriksaan sistoskopi atau kolonoskopi untuk mendeteksi sel kanker yang telah menyebar ke kandung kemih atau saluran pencernaan . Setelah mengetahui dan melewati kempat pemeriksaan awal tadi dan ketiga pemerikaan agar dapat mengetahuo ukuran tingkat keganansan dan penyebaran kanker anus maka akan ditemukan macam macam tingkatan kanker yaitu stadium I , stadium II , stadium III , dan stadium IV. Itulah macam macam tingkat keparahan kanker.

READ  Cara tepat mengobati kalazion

Maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih awal dan mendapat pengobatan yang tepat sebelum sel sel kanker yang berada di tubuh menyebar ke seluruh tubuh . Jika kanker endometrial tidak diobati dan dibiarkan maka akan menyebabkan komplikasi pada kanker endometrial  seperti anemia yang disebabkan karena pendarahan anemia , efek samping dari kemoterapi dan radioterapi misalnya mual , muntah,  hilangnya nafsu makan , konstipasi , rambut rontok bahkan munculnya ruam .

 

Sumbergambra : dokter.id