Blog

Perlu Tahu! Inilah Kategori Penyakit yang Ditanggung BPJS

 

 

Kesehatan itu sangat penting bagi setiap orang dan harus senantiasa diperhatikan agar tidak terserang suatu penyakit. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu diperlukan biaya penanggungan untuk pemeriksaan kesehatan ataupun biaya pengobatan jika terserang penyakit. Terdaftar sebagai peserta di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini sangatlah penting.

Sistem jaminan kesehatan nasional ini menjamin biaya kesehatan pesertanya. Penyakit yang ditanggung BPJS juga sudah ditentukan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sifatnya memang bermacam-macam, dari penyakit ringan sampai kronis.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Sebelum memeriksa apa saja daftar penyakit yang ditanggung oleh BPJS, sangat penting bagi Anda dalam memahami apa itu BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terbentuk sebagai suatu program sosial yang diperkenalkan pemerintah dalam rangka membantu meningkatkan aksesibilitas serta pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang menjadi pesertanya.

Jaminan kesehatan dari BPJS ini menggunakan sistem pembayaran iuran setiap bulannya dan sangat diwajibkan untuk dimiliki seluruh masyarakat Indonesia. BPJS juga memberikan manfaat pelayanan kesehatan berupa rawat inap ataupun rawat jalan kepada setiap pesertanya. Anda dan keluarga dapat mengandalkan biaya kesehatan kepada BPJS Kesehatan dengan catatan peserta wajib membayar iuran setiap bulannya. Iuran ini layaknya premi pada asuransi swasta.

READ  Waspadai gejala kanker endometrium  

Kategori Penyakit yang Ditanggung BPJS

Setelah memahami apa itu BPJS Kesehatan beserta pertanggungan biaya kesehatan yang diberikan, Anda bisa melihat kategori penyakit yang ditanggung BPJS. Semua daftar penyakit juga operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan sudah diatur di dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 28 Tahun 2014. Untuk itu, sangat disarankan bagi pengguna jaminan kesehatan BPJS untuk memahami daftar penyakit serta operasi yang bisa ditanggung untuk menghindari keberatan biaya perawatan.

Kategori penyakit yang ditanggung BPJS memang beragam dan menyeluruh sesuai yang tercantum dalam peraturan Permenkes. Kategori penyakitnya dari yang ringan sampai kronis. BPJS Kesehatan membiayai pemeriksaan sampai perawatan dan pengobatan penyakit ringan, seperti flu, batuk, demam, darah tinggi, darah rendah, dan alergi.

READ  Seberapa Penting Program Keluarga Berencana? Inilah Manfaatnya

Penyakit akibat infeksi jamur dan bakteri juga termasuk dalam penyakit yang ditanggung pihak BPJS. Penyakit yang lebih berat lainnya, seperti penyakit jantung, asma, stroke, diabetes tipe 1 dan 2, TBC, kondisi medis akibat kecelakaan lalu lintas, kanker, dan berbagai jenis lainnya.

Biaya Operasi yang Ditanggung BPJS

Selain penyakit dan kondisi medis tersebut, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya operasi. Dalam kondisi tertentu, penyakit akan lebih parah dan operasi menjadi satu-satunya upaya pengobatan secara medis yang harus dilakukan. Tindakan medis berupa operasi ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan untuk operasi khusus membutuhkan biaya lebih mahal dan juga tenaga medis yang profesional. Untuk itu, biaya kesehatan yang diperlukan semakin kompleks. Pertanggungan yang diberikan BPJS bisa membantu untuk menanganinya.

READ  Cara tepat mengobati kalazion

Tindakan operasi yang bisa ditanggung adalah meliputi operasi jantung, operasi caesar, operasi kista, operasi miom, operasi tumor, operasi mata, operasi tubektomi, operasi usus buntu, dan berbagai tindakan operasi yang diperlukan. Menjadi persoalan lain apabila operasi yang dilakukan ini disebabkan oleh pemakaian narkoba atau konsumsi alkohol yang memang dilarang oleh negara.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, BPJS punya banyak sekali manfaat yang diberikan kepada tiap pesertanya. Penyakit yang ditanggung BPJS beserta dengan biaya perawatan dan pengobatannya sangat membantu menunjang kesehatan masyarakat. Tak hanya itu, tindakan operasi yang sifatnya lebih mahal juga termasuk tanggungan dari BPJS Kesehatan.

 

Sumber Artikel:

www.aturduit.com

www.cermati.com

www.sepulsa.com

 

Sumber Gambar:

www.batamnews.co.id

www.panduanbpjs.com