Blog

Waspadai penyebab umum kalazion

Kalazion memiliki tanda atau gejaa terdapat benjolan kecil diatas bagian dalam kelopak mata . pada permukaan bagian dalam kelopak mata akan terdapat kelenjar yang kecil atau bisa disebut dengan kelenjar meibom . pada saat kelenjar meibom ini memproduksi cairan yang kemudian bercampur dengan air mata maka akan mempunyai fungsi yaitu untuk melindungi dan melembapkan mata dan bola mata tidak akan kering dan iritasi , sedangkan jika fungsi dari kelenjar meibom tadi tidak berfungsi dengan baik dan kelenjar meibom mengalami penyumbatan maka cairan akan menumpuk dan membentuk benjolan yang berisi cairan serta menyebabkan kalazion . kalazion juga dapat dialami oleh semua orang bahkan dari segala usia , baik pria maupun wanita . namun ada beberapa kondisi yang meningkatkan resiko kalazion seperti dibawah ini :

  1. Sedang menderita diabetes
READ  Kapankah Diperlukan Pemeriksaan CT Scan?

Artinya seseorang yang sedang mengalami gangguan diabetes dapat menyebabkan kondisi kalazion . diabetes memang sangat menganggu kesehatan tubuh lainnya

  1. Pernah menderita kalazion sebelumnya

Fakta dari kalazion juga adalah jika seseorang sudah pernah mengalami kalazion sebelumnya maka rentan saja dan dapat beresiko untuk mengalami kondisi kalasion seperti sebelumnya kembali .

  1. Kondisi kulit tertentu seperti rosacea atau dermatitis seboroik .

Rosacea atau dermatitis seboroik merupakan gangguan kulit yang dialami seseorag khussnya terjadi pada bagian are mata ini . ini juga termasuk kondisi kulit mata tertentu

  1. Blefaritis atau peradangan pada tepi kelopak mata .
  2. Sering terkena paparan udara yang kotor

Paparan udara yang kotor tidak baik untuk kesehatan hal ini menyebabkan resiko tinggi tersumbatnya kelenjar meibom penghasil cairan sehingga akan menyebabkan kalazion .

 

Memang penyakit kalazion adalah dimana kondisi ketika mata mengalami pembengkakan pada bagian kelopak mata yang diakibatkan penyumbatan pada kelenjar minyak dan juga umumnya kondisi kalazion ini muncul pada bagian kelopak mata atas . walaupun begitu kondisi kalazion ini terjadi pada bagian kelopak bawah mata atau kedua mata . dan tidak hanya satu , tetapi benjolan yang muncul lebih dari satu sehingga kelopak mata terlihat bengkak dan tidak rata . tidak hanya bengkak atau tidak rata namun kondisi kalazion juga ditandai dengan benjolan kecil pada bagian kelopak mata yang berukuran 2-8 milimeter . lalu apa yang membedakan kalazion dengan bintitan ? berbeda dengan bintitan , bintitan adalah jerawat maupun abses yang biasanya terbentuk pada bagian atas maupun kelopak mata . dan biasanya bakteri yang dalam kondisi normal berapad pada permukaan kelopak mata , serta akan menghambat saluran kelenjar minyak hal inilah yang menyebabkan peradangan , peradangan terjadi karena sel sel mati bisa terjebak di ujung kelopak mata sehingga muncullah yang namanya bintitan . selain itu bintitan juga disebabkan karena berawal dari jerawat yang tumbuh disebelah bulu mata dan tidak akan berlangsung lama serta bisa sembuh sendirinya .meski sulit dibedakan , tetapi tetapi ada perbedaan antara bintitan dengan kalazion sehingga kita harus tetap jeli dan memperhatikan secara detail tentang apakah ini termasuk bintitan atau kalazion hal ini perlu juga dipelajari . jika memang anda ragu untuk mengetahuinya , silahkan hubungi dokter terdekat dan sampaikan keluhan tentang sakit mata anda dokter akan mendiagnosis dan memberika penanganan dan perawatan secara tepat .

READ  Perawatan khsusus untuk kankerĀ  endometrium

 

 

 

 

Sumbergambar :artria.id