Close

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi, Berapa Takaran Ideal Perharinya

ilustrasi ibu hamil minum kopi

Sebuah pertanyaan masuk ke Email kami dari seorang wanita muda yang sedang hamil anak pertama. Dia menanyakan bolehkan ibu hamil minum kopi?

Sebutulnya tidak hanya mengkonsumsi kopi saja yang harus dibatasi ketika Anda sedang hamil, namun juga minuman dan makanan lain yang memiliki kandungan kafein. Contoh jenis minuman dan makanan yang mengandung kafein, antara lain minuman ringan, cokelat dan juga teh.

Selain terkandung didalam makanan dan minuman, biasanya kafein juga ditambahkan ke dalam obat flu dan minuman pembangkit tenaga. Sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsinya, perhatikan informasi mengenai apa saja kandungan yang sudah tertera pada kemasannya.

Bolehkah minum kopi saat hamil
ilustrasi ibu hamil minum kopi

Apa Resiko Minum Kopi Saat Hamil

Biasanya, Jika seseorang minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan gejala kecanduan, insomnia atau susah tidur, kecemasan, jantung berdetak kencang, tekanan darah tinggi, sering pipis, migrain, gangguan pencernaan, dan juga tremor.

Jika Anda minum kopi saat hamil, kafein yang terkandung didalam kopi dapat menembus plasenta dan dapat menimbulkan dampak kepada bayi didalam kandungannya.

Resiko Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

Dan perlu Anda ketahui apa saja resiko yang bisa terjadi jika seorang ibu hamil mengkonsumsi kopi terlalu banyak, berikut penjelasannya.

  • Anemia
  • Keguguran
  • Ibu hamil mengalami refluks asam lambung
  • Bayi lahir dengan berat badan yang rendah

Takaran Ideal Konsumsi Kopi Saat Hamil

Bagi ibu hamil dalam sehari batas maksimal konsumsi kafein adalah 200 mg atau kurang lebih dua cangkir kopi instan. Untuk itu, coba Anda perhatikan kandungan kafein yang ada didalam teh, cokelat, kopi dan makanan lain yang ditulis pada label kemasan.

Jika sebelum hamil Anda terbiasa meminum kopi lebih dari 2 cangkir setiap harinya, maka kurangi takaran konsumsi kopi harian anda. Lakukan secara perlahan dan Anda bisa mencoba menggantinya dengan minuman sehat.

Cobalah ganti kebiasaan minum kopi selama masa kehamilan dengan mengkonsumsi jus ataupun susu hamil. Hal ini agar Anda terhindar dari dampak negatif yang bisa ditimbulkan jika terlalu banyak minum kopi. Anda juga bisa menggunakan infuse water untuk menggantikan kopi. Ada baiknya Anda konsultasikan juga ke dokter kandungan mengenai hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments
scroll to top